Kamis, 07 November 2013

tugas analisis kinerja sistem



Nama    : Dadit aditya bayu rahmat
Kelas    :  5 KA 35
NPM    : 19112193

PRE TEST Analisis Kinerja Sistem (Manajemen Kontrol Kemanan) - Untuk mengamankan suatu Sistem Informasi menurut anda apa saja yang perlu dilindungi? 

JAWAB:
 Keamanan informasi memproteksi informasi dari ancaman yang luas untuk memastikan kelanjutan usaha, memperkecil rugi perusahaan dan memaksimalkan laba atas investasi dan kesempatan usaha. Manajemen sistem informasi memungkinkan data untuk terdistribusi secara elektronis, sehingga diperlukan sistem untuk memastikan data telah terkirim dan diterima oleh user yang benar. Yang perlu dilindungi dalam mengamankan sistem informasi menurut saya adalah:
Aset untuk mengamankan suatu Sistem Informasi dapat di klasifikasikan menjadi 2, yaitu : 
1. Aset Fisik, yang meliputi Personnel, Hardware (termasuk media penyimpanan dan periperalnya), Fasilitas, Dokumentasi, dan Supplies. 
2. Aset Logika, yang meliputi Data / Informasi dan Software (Sistem dan Aplikasi).
Sedangkan, menurut keamanan informasi, Sistem Informasi yang harus dilindungi meliputi 5 bagian yaitu :
1. Physical Security, yaitu jenis keamanan yang memfokuskan strategi untuk mengamankan pekerja atau anggota organisasi, aset fisik dan tempat kerja dari berbagai ancaman seperti kebakaran, akses tanpa otorisasi (perijinan) dan bencana alam.
2. Personal Security, yaitu jenis keamanan yang sama seperti Physical Security yang memfokuskan strategi untuk mengamankan pekerja atau pegawai organisasi.
3. Operation Security, yaitu jenis keamanan yang memfokuskan strategi untuk mengamankan kemampuan atau kinerja suatu organisasi agar berjalan tanpa ada gangguan.
4. Communications Security, yaitu jenis keamanan yang memfokuskan pada keamanan media komunikasi, teknologi komunikasi beserta dengan isinya, serta kemampuan untuk memanfaatkan alat ini dalam mencapai tujuan suatu organisasi.
5. Network Security, yaitu jenis keamanan yang memfokuskan pada keamanan jaringan data organisasi, jaringannya dan isinya, serta kemampuan dalam menggunakan jaringan tersebut untuk memenuhi fungsi dari sebuah organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar